Twine 2.3.9
Twine adalah alat sumber terbuka untuk menceritakan kisah interaktif dan nonlinier. Twine mempublikasikan langsung ke HTML, sehingga Anda dapat memposting pekerjaan Anda hampir di mana saja. Apa pun yang Anda buat dengannya sepenuhnya gratis untuk digunakan sesuka Anda, termasuk untuk tujuan komersial.
Anda tidak perlu menulis kode apa pun untuk membuat cerita sederhana dengan aplikasi, tetapi Anda dapat memperluas cerita Anda dengan variabel, logika bersyarat, gambar, CSS, dan JavaScript saat Anda siap.
Awalnya dibuat oleh Chris Klimas pada tahun 2009 dan sekarang dikelola oleh banyak orang di beberapa repositori berbeda.
Apa yang Dapat Anda Bangun dengan Benang?
Pada intinya, Twine untuk PC adalah alat untuk membuat hypertext. Perbedaan antara hypertext dan cerita linier, jenis yang ditemukan di buku dan majalah, adalah memungkinkan pembaca memiliki beberapa ukuran agensi. Dengan kata lain, pembaca memiliki beberapa kemampuan atas apa yang dia baca selanjutnya.
Dalam cerita tentang rumah berhantu, misalnya, pembaca mungkin bisa memberi tahu protagonis untuk Berbalik dan lari atau Menjelajah lebih dalam ke dalam mausoleum. Dalam karya nonfiksi, pembaca mungkin bertanya untuk mempelajari lebih lanjut tentang bibi saya yang hilang. Konvensi yang muncul selama tiga dekade terakhir adalah bahwa pembaca menavigasi hypertext dengan mengklik tautan. Dalam hal ini, Anda sudah menjadi pembaca hypertext berpengalaman. Anda mengeklik beberapa tautan untuk mencapai teks ini, dan Anda mungkin telah mengeklik tautan yang tak terhitung jumlahnya dalam hidup Anda sejauh ini.
Bisakah Anda membuat game dengan Twine untuk Desktop? Tentu saja! Twine memiliki kemampuan untuk melakukan logika kondisional, jadi jika protagonis menemukan kunci di bagian awal cerita, dia dapat menggunakannya untuk membuka pintu nanti. Itu juga dapat menggabungkan variabel, yang mencakup ornamen tradisional permainan seperti poin hit dan skor. Ini, bersama dengan agensi, adalah konsep dasar interaktivitas, mata uang desain game.