Pengertian Produk dan Klasifikasi Produk Berdasarkan Pengguna

Tentunya kita semua pernah membeli dan memakai, atau bahkan membaut suatu produk. Sebab dalam memenuhi kebutuhan bertahan hidup, manusia memerlukan beragam produk dengan fungsinya masing-masing.

Walaupun kata “produk” sudah tidak asing lagi, namun apakah kita sudah mengetahui arti dari kata tersebut? Untuk sama-sama belajar, yuk simak ulasan berikut!

Pengertian Produk

Dalam kegiatan pemasaran, pengertian produk adalah suatu sistem atau objek yang tersedia untuk digunakan oleh konsumen. Sedangkan dalam dunia retail, produk dikenal dengan istilah merchandise.

Selanjutnya dalam industri manufaktur, suatu produk dibeli dalam bentuk bahan mentah kemudian dijual dan diolah menjadi barang jadi. Selain sebagai benda fisik, jasa atau jasa juga dapat disebut sebagai produk.

Produk juga dikenal sebagai komoditas yang kita kenal di pasaran umumnya berupa bahan baku seperti serat kain atau logam. Namun komoditas juga bisa dalam bentuk apapun yang banyak tersedia di pasar terbuka.

Dalam hal manajemen proyek, pengertian produk adalah hasil dari suatu proyek yang dapat memberikan kontribusi pada tujuan akhir proyek tersebut.

Ada banyak pengertian produk dalam ragam kepentingan ya? nah, agar lebih jelas dan tidak membingungkan kamu, mari kita lihat definisinya menurut beberapa ahli sebagai berikut:

Pengertian Produk Menurut Para Ahli

Para ahli di dunia memiliki pemahaman sendiri tentang produk tersebut. Beberapa dari mereka adalah sebagai berikut:

1. William J. Stanton

William J. Stanton adalah seorang politikus Amerika yang juga seorang pengusaha. Menurutnya, produk adalah sekumpulan atribut yang berwujud atau tidak, meliputi kemasan, harga, warna dan pelayanan yang dapat diterima oleh pembeli sebagai bentuk pemenuhan keinginan dan kebutuhan.

2. Basu Swastha dan Irawan

Basu Swastha dan Irawan adalah penulis buku Manajemen Pemasaran Modern. Menurut mereka, produk merupakan suatu sifat kompleks yang dapat diraba atau tidak.

Produk dapat berupa warna, kemasan, pelayanan atau apapun yang dapat memuaskan suatu keinginan atau memenuhi kebutuhan pelanggan.

3. Fandy Tjiptono

Menjabat sebagai dosen senior di School of Business, Monash University Malaysia, Dr. Fandy Tjiptono bukanlah sosok baru di dunia pemasaran.

Menurutnya, produk adalah segala bentuk, baik fisik maupun non fisik, yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumen untuk dibeli, dicari atau diperhatikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan di pasar.

Fandi Tjiptono juga mengatakan bahwa terdapat beberapa tingkatan produk yang beredar di pasaran. Beberapa termasuk produk utama, produk generik, produk yang diharapkan, produk pelengkap dan produk potensial. Masing-masing memiliki pengguna akhir yang berbeda.

4. Djaslim Saladin, SE

Djaslim Saladin, SE adalah penulis buku The Core Elements of Marketing and Marketing Management serta ahli dalam ilmu pemasaran. Ia mengklasifikasikan arti produk menjadi 3 jenis diantaranya yaitu:

  1. Berdasarkan arti sempitnya, produk adalah seperangkat sifat, kimia dan fisika yang terbentuk dan terkumpul dalam satu bentuk yang serupa yang telah dikenal.
  2. Berdasarkan arti luasnya, produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan dan diterima oleh pembeli atau pelanggan. Sebagai bentuk pemenuhan keinginan dan kebutuhannya, baik dalam bentuk tertentu maupun non-bentuk termasuk warna, kemasan, prestise dan pelayanan.
  3. Berdasarkan pengertian umum, pengertian produk adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan manusia. Baik dalam bentuk fisik atau non-fisik, seperti layanan.

5. Philip Kotler dan Armstrong

Phillip Kotler dan Gary Armstrong dikenal sebagai tim yang sering memberikan pengetahuan tentang pemasaran melalui tulisan-tulisannya. Kotler sendiri adalah salah satu pakar pemasaran terkemuka dunia, sedangkan Armstrong adalah dosen bisnis.

Menurut Kotler dan Armstrong, produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk digunakan, diperoleh, diperhatikan, atau dikonsumsi dengan tujuan memuaskan kebutuhan atau keinginan orang-orang di pasar. Mereka juga menambahkan bahwa produk dapat berwujud atau tidak berwujud dan membagi produk menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Produk konsumer
    Produk ini ditargetkan untuk pengguna akhir. Beberapa contoh produk konsumen antara lain kebutuhan sehari-hari seperti makanan, perlengkapan mandi dan mencuci, serta sederet kepentingan lainnya. Selain itu, ada juga produk kelontong yang dapat dibandingkan satu sama lain berdasarkan merek dan kualitasnya, seperti televisi, sepatu, dan sebagainya. Ada juga produk khusus yang dianggap istimewa sehingga menarik bagi konsumen tertentu, seperti mobil atau perhiasan.
  • Produk industri
    Produk industri adalah produk yang dijual untuk diproses ke tingkat produksi berikutnya dan kemudian ditawarkan ke pasar sebagai produk baru. Misalnya suku cadang untuk membuat kendaraan seperti motor atau mobil, kayu untuk membuat furniture seperti kursi, lemari dan masih banyak lagi.
  • Produk dilihat dari keawetannya
    Berdasarkan daya tahannya, ada produk yang tidak tahan lama atau bisa habis jika dikonsumsi, seperti makanan, sabun, dan sebagainya. Kedua, ada produk awet yang tidak akan habis meski dipakai berulang kali seperti laptop, lemari, lemari es dan sederet lainnya.

Definisi Produk Berdasarkan Klasifikasinya

Selain menurut para ahli, pendefinisian suatu produk juga dapat dilakukan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu.

Jika dilihat dari bentuknya, ada produk yang berwujud (physical form) atau tidak berwujud (non-physical form).

Produk fisik adalah segala sesuatu yang dapat disentuh seperti mobil, sepeda, pakaian, gadget dan lain sebagainya.

Klasifikasi Produk Berdasarkan Pengguna

Berdasarkan penggunanya, produk dapat dibagi menjadi dua jenis pelanggan utama, yaitu konsumen dan bisnis. Berdasarkan pelanggan yang dilayani, produk umumnya dikategorikan sebagai B2B (business to business) atau B2C (business to consumer).

Sebuah perusahaan dapat memiliki kedua jenis pelanggan. Namun, memahami setiap jenis pelanggan yang akan membeli akan memudahkan proses pembuatan strategi pemasaran.

Demikian ulasan kami mengenai produk, dengan kesimpulan bahwa pengertian produk adalah segala sesuatu yang dibuat oleh produsen baik dalam bentuk fisik maupun non fisik untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan di pasar.

Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnya menambah wawasan mengenai pengertian produk. Terimakasih sudah singgah dan semangat belajar terus ya!