Pengertian Pelanggan, Jenis – Jenis dan Karakteristik Pelanggan
Tentu saja setiap manusia pernah menjadi pelanggan. Sebab dalam menghidupi kebutuhan diri dan sosialnya, manusia akan membeli hal tersebut pada penjual.
Namun sudahkah kita memahami betul pengertian dari kata pelanggan itu sendiri? Agar sama-sama belajar, yuk simak ulasan mengenai pelanggan berikut!
Pengertian Pelanggan
Pelanggan merujuk pada instansi, lembaga, organisasi atau orang yang membeli produk pun jasa perusahaan secara rutin. Termasuk juga karena produk atau jasa yang mereka beli dirasa sangat berguna.
Dalam sebuah usaha atau bisnis, dalam hal ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan juga menciptakan kepuasan bagi konsumen atau pelanggan. Jika pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa perusahaan, maka perusahaan juga akan mendapatkan banyak keuntungan.
Seperti hubungan perusahaan dengan pelanggan menjadi lebih baik dan lebih harmonis. Pelanggan akan menjadi lebih loyal terhadap produk perusahaan dan akan membentuk rekomendasi dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya. mengenai produk. dijual oleh perusahaan.
Pelanggan tidak hanya merupakan keuntungan bagi perusahaan, tetapi juga orang-orang yang memiliki passion dan merupakan bagian terpenting dari perusahaan. Tujuan pelanggan merupakan respon emosional dari pelanggan terhadap evaluasi pengalaman ketika mengkonsumsi suatu produk atau jasa.
Pengertian Pelanggan Menurut Ahli
Berikut dibawah ini pengertian pelanggan menurut para ahli, antara lain.
Cambridge International Dictionaries
Kata kepuasan berasal dari bahasa latin “satis” yang artinya cukup baik atau memadai. Sedangkan “facio” sendiri berarti melakukan atau membuat. Kepuasan biasanya diartikan sebagai “upaya untuk memenuhi sesuatu” atau “membuat sesuatu yang memadai” Maka, Cambridge International Dictionaries menyimpulkan bahwa pelanggan adalah orang yang membeli barang atau jasa.
Sudaryono (2016)
Sedangkan menurut Sudaryono (2016) kepuasan adalah hasil penilaian konsumen bahwa produk atau jasa telah memberikan tingkat kenikmatan. Dimana tingkat pemenuhan ini bisa saja lebih tinggi atau bahkan mungkin kurang.
Setyobudi & Daryanto (2014)
Setyobudi & Daryanto (2014) mendefinisikan singkat pelanggan sebagai pembeli yang bergantung pada barang atau jasa yang digunakan.
Richard Oliver
Richard Oliver memberikan definisi bernagkat dari kepuasan pelanggan adalah respon. Reson dalam hal ini merupakan pemenuhan dari pelanggan terhadap suatu produk atau jasa itu sendiri. Harus telah memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.
Philip Kotler (1997)
Selanjutnya menurut Philip Kotler (1997) kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang. Dilakukan setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan ddengan harapannya.
Jenis – Jenis Pelanggan
Umumnya ada tiga jenis pelanggan yaitu pelanggan internal, eksternal dan perantara. Dimana untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca penjelasannya di bawah ini:
Pelanggan Eksternal
Merupakan kelompok yang berada di luar perusahaan dan menerima produk. Dimana pada setiap perusahaan, pelanggan eksternal tak lain adalah masyarakat umum yang menerima produk atau jasa dari perusahaan. Beberapa hal yang menjadi perhatian pelanggan eksternal antara lain:
1). Kesesuaian dengan kebutuhan produk atau jasa
2). Kualitas produk atau jasa
3). Harga yang mampu bersaing
4). Pengiriman dan pelayanan tepat waktu
Pelanggan Internal
Pelanggan internak merupakan kelompok atau orang dalam perusahaan yang mempunyai pengaruh terhadap prestasi kerja. Hal-hal yang dibutuhkan untuk pelanggan internal antara lain:
1). Kerjasama
2). Kerja kelompok
3). Sistem dan struktur kerja yang efisien
4). Kualitas kerja
Pelanggan Menengah atau Perkongsian
Pelanggan jenis ini adalah kelompok atau orang yang bertindak sebagai perantara produk tetapi bukan sebagai pengguna akhir produk perusahaan.
Misalnya seperti travel agent yang bertindak sebagai booking kamar penginapan untuk end user atau seperti distributor yang bertindak dalam mendistribusikan produk perusahaan.
Karakteristik Pelanggan
Pelanggan adalah urat nadi perdagangan. Tanpa pelanggan, sebuah bisnis agak sulit untuk berkembang dan berkembang. Ada beberapa jenis pelanggan yang perlu kamu ketahui:
Pelanggan Spontan
Seorang pelanggan spontan bermaksud untuk berurusan dengan kami hanya sekali, apakah dia datang menemui kami atau terpaksa mengambil produk kami untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.
Biasanya pelanggan seperti ini tidak memikirkan apa-apa selain bisa memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Hal ini sangat mungkin juga berlaku jika seseorang datang ke suatu tempat atau lokasi di mana produk atau layanan yang dia inginkan tidak tersedia di tempat tinggalnya.
Pelanggan Tetap Reguler
Pelanggan seperti ini yang juga telah menerima produk atau jasa dari perusahaan cukup puas dengan itu. Pelanggan ini akan datang lagi untuk mengambil produk atau layanan bahkan setelah dua atau tiga kali mengambilnya.
Meski begitu, pelanggan seperti ini hanya ingin menggunakannya untuk dirinya sendiri tanpa memberitahu orang lain. Sehebat apapun perusahaan menawarkan produk ini kepadanya, sebab sudah berkali-kali mengambil produk atau jasa kita maka ia tetap setia menggunakannya sendiri.
Pelanggan Berkembang
Pelanggan tidak hanya puas dengan suatu produk tetapi juga mengambil produk lagi dan lagi. Sambil pula memperkenalkan produk atau layanan tersebut kepada orang lain. Pelanggan seperti ini adalah impian yang harus ditemukan oleh penjual.
Pelanggan semacam ini akan berpartisipasi dalam memasarkan produk atau layanan sebagai iklan gratis yang bergerak untuk perusahaan. Bahkan, promosi dari mulut ke mulut adalah salah satu alat promosi paling efektif dalam dunia penjualan. Tidak ada biaya yang dikeluarkan, tugas perusahaan hanya memastikan layanan mencapai tingkat kepuasan maksimum pelanggan
Pelanggan Bersama
Biasanya pelanggan seperti ini juga menjadi partner dalam bisnis. Dimana penjual beruntung mendapatkan penghasilan, begitu juga pelanggan juga akan mendapatkan keuntungan dari penghasilan. Pelanggan seperti ini juga berbisnis dan memanfaatkan pendapatan yang dihasilkan dari produk atau layanan yang kami tawarkan.
Demikian ulasan kami mengenai pelanggan yang membahas mulai dari pengertian menurut ahli, jenis dan karakteristiknya.
Semoga ulasan kami membantu kamu, khususnya dalam memahami mengenai pelanggan. Terimakasih sudah singgah dan semoga harimu menyenangkan.