Arti Media Sosial, Sejarah Perkembangan, Manfaat hingga Contohnya
Media sosial sudah sangat dikenal masyarakat luas saat ini.Berbagai kalangan kini sudah mustahil merasa asing dengan istilah media sosial, sebab hampir semua lapisan masyarakat menggunakannya.
Media sosial saat ini punya peran penting bagi masyarakat. Apalagi setahun belakangan ini pandemi Covid-19 melanda dunia, otomatis pergerakan masyarakat pun berkurang sehingga mereka lebih banyak berinteraksi di dunia maya.
Kehadiran media sosial tentu menjadi solusi dalam urusan komunikasi jarak jauh dengan fitur yang menarik. Misalnya jika biasanya Anda hanya bisa menelepon dan berbalas pesan singkat dengan seseorang, dengan adanya media sosial maka Anda bisa melihat wajahnya, mengundang orang lain dan benar-benar menggantikan eksistensi asli manusia itu sendiri.
Di media sosial seseorang bisa membagikan perasaannya, berbincang dengan teman, hingga mencari teman-teman lamanya. Bahkan sekarang media sosial juga banyak digunakan menjadi sarana jual beli, selain e-commerce. Para penjual pemula biasanya menjaring pembeli di media sosial mereka.
Baik, sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kita pahami dulu apa itu media sosial, bagaimana sejarah perkembangannya, manfaat hingga contohnya.
Pengertian Media Sosial
Media sosial adalah sebuah media yang dijalankan secara daring dan digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet.
Pada awalnya, media sosial sendiri dibuat sebagai sarana komunikasi untuk menghubungkan antar pengguna dengan cakupan wilayah yang sangat luas.
Agar pengguna media sosial (medsos) lebih mudah dan cepat, dibutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat. Anda tidak perlu lagi menghubungi orang lain melalui kabel telepon atau alat komunikasi tradisional. Cukup dengan mengakses media sosial, anda dapat terhubung dengan banyak orang, membuat forum, diskusi bersama, mengunggah aktivitas keseharian anda, dan lain sebagainya.
Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Jenis Media Sosial dan Contohnya
Saat ini ada berbagai macam media sosial yang umum digunakan masyarakat. Media sosial pun dibuat sesuai kebutuhan penggunanya. Berikut beberapa jenis media sosial yang yang telah diciptakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.
1.Social Networks, media sosial jenis ini digunakan untuk bersosialisasi dan berinteraksi Contohnya Facebook, myspace, hi5, Linked in, bebo, dan lainnya.
2. Discuss, media sosial yang memfasilitasi sekelompok orang untuk melakukan obrolan dan diskusi Contohnya Google talk, yahoo! M, skype, phorum, dan semacamnya.
3. Share, jenis media sosial yang memfasilitasi kita untuk saling berbagi file, video, music, contohnya youtube, slideshare, feedback, flickr, crowdstorm
4. Publish, media yang mempublikasikan tulisan contohnya wordpredss, wikipedia, blog, wikia, digg.
5. Social game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama contohnya koongregate, doof, pogo, cafe.com,
6. MMO contohnys kartrider, warcraft, neopets, conan.
7. Virtual worlds contohnya habbo, imvu, starday
8. Livecast misalnya y! Live, blog tv, justin tv, listream tv, livecastr
9. Livestream, misalnya socializr, froendsfreed, socialthings!
10. Micro blog, contohnya twitter, plurk, pownce, twirxr, plazes, tweetpeek
Sejarah Perkembangan Media Sosial
Awal kemunculan media sosial adalah pada tahun 2002, jejaring sosial yang muncul pertama kali adalah Friendster.
Kemudian setelah Friendster muncullah Linkendin yakni sebuah situs yang membagikan pengalaman mengenai dunia bisnis dan pekerjaan yang didirikan pada tahun yang sama.
Kemudian pada 2003 MySpace diciptakan. Myspace berfokus pada orientasi musik sesorang, MySpace menjadi situs jejaring yang dapat digunakan untuk bertukar pesan/chatting, menunggah lagu/video dan menyediakan layanan pemasangan genre musik khusus pada halaman profil.
Pada tahun 2004 muncullah Flickr yakni situs yang memberi ruang penggunannya untuk mengunggah foto-foto dan video yang menarik dan dapat dibagikan kepada anggota di dalam situs tersebut.
Setelah Flickr muncul pula Facebook, media sosial paling booming hingga saat ini. Facebook memungkinkan penggunanya bertukar pesan kepada publik, pesan pribadi, membagi gambar dan video serta mengirimkan permintaan pertemanan kepada siapa saja.
Twitter baru muncul menyusul Facebook pada 2006. Situs tersebut merupakan jejaring sosial yang memampukan kita untuk mengikuti (follow) pengguna lain untuk dapat mengikuti postingan yang mereka buat. Situs ini juga memampukan kita untuk menunggah gambar maupun video dan dapat mengirimkan pesan kepada pengguna lain.
Tahun 2010 Instagram muncul sebagai situs jejaring sosial yang memberi fasilitas untuk mengedit foto maupun video lalu mengunggahnya. Interaksi yang dibangun pada situs ini dapat berupa tombol suka (like), kolom komentar dan pengiriman pesan melalui Direct Message (DM)
Line merupakan situs jejaring sosial selanjutnya yang muncul pada tahun 2011. Berbeda dengan situs jejaring sosial yang lain, line berfokus kepada penggunaan aplikasi untuk saling bertukar pesan. Sistem penambahan pertemanan di Line dapat ditemukan dengan menggunakan sistem add menggunakan username/id. Namun pada situs ini, para pengguna juga diperkenankan untuk menunggah foto maupun video di dalam timeline.
Lalu pada tahun yang sama, Snapchat merupakan situs jejaring sosial yang memfasilitasi para pengguna untuk bertukar pesan dengan medium foto yang dapat diedit seperti memasukkan teks pesan dan menggunakan fitur efek pada foto.
Selanjutnya pada tahun 2011, Google+ merupakan situs dalam jaringan yang memiliki fitur-fitur didalamnya yang dapat digunakan untuk berinteraksi. Seperti Google Hangout untuk bertukar pesan.
Manfaat Media Sosial
Awalnya media sosial dibuat untuk sarana komunikasi, namun saat ini manfaatnya sudah lebih dari itu. Media sosial bahkan kini medsos bisa digunakan untuk mencari uang.
Apabila kita dapat memnfaatkan media sosial, banyak sekali manfaat yang kita dapat, sebagai media pemasaran, dagang, mencari koneksi, memperluas pertemanan, dll. Tapi apabila kita yang dimanfaatkan oleh Media sosial baik secara langsung ataupun tidak langsung, tidak sedikit pula kerugian yang akan di dapat seperti kecanduan, sulit bergaul di dunia nyata, autis, dll).
Orang yang pintar dapat memanfaatkan media sosial ini untuk mempermudah hidupnya, memudahkan dia belajar, mencari kerja, mengirim tugas, mencari informasi, berbelanja, dan lainnya.
berikut ini merupakan manfaat menggunakan media sosial.
1. Mendapatkan Informasi
Informasi sangat mudah didapatkan dari media sosial. Banyak pengguna yang membagikan informasi lewat akun mereka. Kemudian, media sosial juga memungkinkan penggunanya melakukan proses pencarian berbagai sumber informasi dalam setiap bidang kehidupan. Informasi tersebut berasal dari berbagai daerah di seluruh penjuru dunia.
Namun ingat tidak semua informasi di media sosial itu akurat. Tak sedikit berita bohong, berita fitnah dan berita halu yang ada di medsos, jadi pintar-pintarlah menyaringnya.
2. Bisa Berkomunikasi Real – Time
Salahsatu manfaat media sosial adalah bisa melakukan komunikasi real time dengan orang lain. Jadi kita bisa berkomunikasi bagaikan bertemu langsung dengan orangnya.
3. Meningkatkan brand awareness
Saat kemunculan anda di dalam media sosial, anda dapat lebih mudah untuk terhubung dengan pelanggan. Sebaliknya juga, pelanggan dapat terhubung dengan lebih mudah. Dengan adanya medsos juga dapat meningkatkan loyalitas konsumen pada brand yang anda miliki.
4. Meningkatkan trafik dan peringkat pencarian
Semakin anda aktif dan rajin untuk mengupdate informasi dan konten terbaru pada situs jejaring sosial, maka akan memberikan efek yang sama untuk website anda, yaitu peningkatan trafik pengunjung.
Apabila anda mempromosikan artikel atau blog website melalui medsos, maka semakin besar untuk pengunjung membaca blog anda dari tautan yang telah anda kirim. Jadi, pastikan untuk selalu menyisipkan atau menambahkan fitur sharing pada artikel website.
5. Membangun relasi dengan cepat dan luas
Media sosial juga bermanfaat untuk mengembangkan jaringan atau relasi secara luas. Jadi jika Anda berjualan dan produk anda semakin dikenal oleh banyak orang, maka semakin tinggi juga trafik yang dapat anda peroleh.
Membangun relasi sangatlah penting, karena bisnis akan mudah dan cepat berkembang karena terdapat sebuah jaringan yang luas, serta media promosi yang tepat sesuai dengan target pasar yang dituju.
Demikian ulasan mengenai media sosial mulai dari pengertian, manfaat jenis dan contohnya. Semoga bermanfaat. (*)