Pengertian Google Trends dan Cara Menggunakan Google Trends

Google Trends adalah grafik statistik yang memberikan informasi mengenai popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu pada pencarian Web. Dimana informasi tersebut dapat Anda tampilkan berdasarkan kota, wilayah, ataupun bahasa.

Melalui informasi yang didapatkan dari Google Trends ini Anda dapat mengetahui topik apa yang diminati dengan jangkauan tertentu atau lebih luas lagi.

Google Trends memungkinkan Anda untuk mencari kata kunci populer yang dapat dijadikan para blogger untuk memilih topik blog yang bagus di mesin pencarian Google. Dengan pemilihan kata kunci yang tepat web yang Anda miliki akan mampu menarik banyak pengunjung.

Google Trends pertama kali dirilis pada 11 Mei 2006, yang terus dikembangkan hingga saat ini. Dengan berbagai fungsi dan fitur yang menarik, seperti menampilkan topik yang sedang banyak dibahas, mencari keyword yang sering dipakai, membandingkan performa antar keyword, tampilan yang sederhana dan mudah dimengerti, dan juga dapat Anda gunakan secara gratis.

Google Trends mampu memberikan informasi tentang apa saja yang orang cari di mesin pencari Google Search.

Cara Menggunakan Google Trends

Untuk mencari informasi kata kunci pada Google Trends, sebaiknya Anda menentukan terlebih dahulu mengenai topik apa yang ingin Anda ambil dan analisis, hal tersebut tentu akan memudahkan Anda untuk menemukan informasi yang diinginkan.

Setelah menentukkan topik, selanjutnya Anda dapat menggunakan beberapa rekomendasi di bawah untuk menentukkan keyword terbaik yang bertujuan untuk membuat website Anda berkembang dengan jauh lebih baik. Berikut cara menggunakan Google Trends, antara lain:

1. Cara Mengakses Google Trends

Gunakan akun Google untuk membuka halaman Google Trends. Pada halaman awal, Anda akan disuguhi tampilan mengenai contoh peta hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu.

Di bagian bawahnya, Anda akan melihat kata kunci yang mengalami peningkatan. Dan masih di halaman yang sama, Anda juga dapat melihat tombol untuk menyaring topik berdasarkan negara, waktu, kategori, dan jenis penelusuran; web search, news search, Google shopping, Youtube search.

Sehingga Anda bisa mendapatkan informasi mengenai keyword yang paling populer atau yang paling dicari setiap harinya berdasarkan topik tertentu. Halaman Daily Search Trends ini dapat Anda akses melalui icon Sidenav (☰) > Trending Searches, yang terletak di bagian pojok kiri atas.

2. Cara Mencari Keywords di Google Trends

Masukkan topik yang ingin Anda cari ke kolom ‘Enter a Search Term or a Topic’ atau ‘Add a Search Term’. Selanjutnya Google Trends akan memunculkan informasi yang cukup lengkap mengenai intensitas pengguna Google Search sesuai dengan topik yang Anda masukkan.

Dimana pada tabel pertama akan terlihat grafik tren pengguna mencari menggunakan topik tersebut selama satu tahun terakhir. Grafik yang dihasilkan terebut adalah hasil berdasarkan negara sesuai dengan lokasi Anda saat itu. Namun Anda juga dapat menyesuaikan lingkup pengambilan data sesuai dengan yang Anda perlukan.

Adapun angka yang ditunjukkan oleh Google search (0-100) bukanlah jumlah pengguna yang melakukan pencarian menggunakan keyword itu, melainkan hanya angka perkiraan pengguna yang melakukan pencarian dengan menggunakan keyword yang Anda masukkan.

Setelah grafik, di bagian bawahnya Anda dapat melihat pembagian ketertarikan pengguna berdasarkan daerahnya. Kemudian pada bagian paling bawah terdapat informasi untuk Anda mengembangkan topik yang Anda inginkan, dengan memberikan topik dan query (saran kata kunci) yang terkait dengan keyword yang Anda masukkan. Melalui informasi ini, Anda dapat mengembangkannya menjadi ide-ide konten yang menarik.

3. Cara Menggunakan Google Trends untuk Membandingkan Keywords

Untuk menentukan keyword mana yang lebih potensial, Anda juga bisa membandingkannya melalui Google Trends. Yang terdapat pada fitur comparison, dimana Anda dapat membandingkan sampai dengan lima keyword sekaligus.

Anda juga dapat melakukan filter berdasarkan lokasi, waktu, kategori, dan tipe penelusuran. Dengan fitur comparison ini, Anda akan mendapatkan perbandingan tingkat pencarian antar keyword dalam bentuk grafik, peta wilayah, dan kueri yang berhubungan.

4. Cara Menggunakan Opsi Pencarian Spesifik

Selain untuk menganalisis tingkat pencarian di Google Search, Google Trends juga dapat menganalisis pencarian populer di YouTube.

Caranya klik YouTube yang terdapat pada halaman Google Trends, maka secara otomatis Google Trends akan mengubah tampilan grafik menjadi data pencarian dari YouTube.

Selain YouTube Search, Anda juga bisa mencari penelurusan lainnya, seperti Image Search, News Search, dan Google Shopping.

5. Memprediksi Tren

Melalui berbagai informasi yang diberikan oleh Google Trends, memungkinkan Anda untuk membuat konten yang menarik dan dengan keyword yang sesuai.

Namun Anda juga perlu ingat, bahwa bukan hanya Anda saja yang menggunakan Google Trends sebagai aplikasi analisis, kompetior lain pun kemungkinan besar menggunakannya.

Hal tersebut tentu membuat data yang Anda dapatkan sama dengan data yang mereka dapatkan. Maka Anda perlu memiliki kemampuan lain, yakni untuk bisa membaca data dengan benar sehingga Anda mampu mengolah data dengan bijaksana.

6. Menemukan Tambahan Insight di “Top Chart”

Melalui fitur Top Chart ini, Anda akan menemukan informasi mengenai 100 konten yang sedang hangat dibicarakan di Google. Anda akan melihat topik yang sedang tren di berbagai kategori.

7. Menggunakan Siklus Tren untuk Memposisikan Produk

Siklus tren yang dimaksud disini adalah kapan seseorang akan mencari keyword tertentu pada waktu tertentu. Misalnya kata kunci “hiasan natal” yang tentu akan mengalami peningkatan saat menjelang natal, dan tidak pada hari-hari lainnya.

Hal tersebut selanjutnya dapat Anda manfaatkan untuk menawarkan produk Anda yang berhubungan dengan segala dekorasi dan aksesoris natal.

Demikian artikel mengenai pengertian Google Trends, cara menggunakan Google Trends, meliputi: cara mengakses, mencari keywords, membandingkan keywords, memprediksi trend dan lainnya. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.