Cara Mengajukan Refund Barang di Tokopedia

Apakah Anda gemar berbelanja online? Berbelanja menjadi sangat mudah dan menyenangkan dikarenakan hadirnya banyak platform belanja online seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan masih banyak lagi.

Jika Anda pelanggan di Tokopedia dan mengalami kebingunan prihal refund, adalah hal yang tepat Anda berkunjung di artikel kami ini. Sebab kali ini kami akan membahas mengenai cara mengajukan refund di Tokopedia bila barang belum dan sudah sampai melalui beberapa media.

Tokopedia adalah perusahaan perdagangan elektronik atau biasa dikenal dengan toko online. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah menjadi unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

Sejauh ini, Tokopedia merupakan salah satu pasar yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Tokopedia juga mendukung usaha kecil menengah (UMKM) dan individu untuk mengembangkan bisnisnya dengan memasarkan produk secara online dengan pemerintah dan pihak lain. Salah satu program kerjasama yang digagas Tokopedia adalah acara MAKERFEST tahunan yang diadakan sejak Maret 2018.

Ada masa dimana Anda sudah membayar untuk produk, tetapi masih belum menerima produk tersebut setelah beberapa hari. Jika sudah tidak sabar menunggu atau sangat membutuhkannya dalam waktu dekat, kini Anda bisa mengajukan refund Tokopedia.

Refund adalah pengajuan untuk pembatalan pemesanan, yang dapat dikembalikan dan tunduk pada kebijakan yang berlaku. Untuk mendapatkan refund dari Tokopedia, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini atau cara mengajukan keluhan ke Tokopedia untuk meminta refund. Anda bisa request refund bila status barang masih terkirim, status resi sudah dikirim tapi barang belum diterima (walaupun barang sudah sampai).

Anda dapat menggunakan browser di komputer atau laptop Anda, browser seluler di ponsel cerdas atau tablet Anda, dan aplikasi di perangkat berbasis Android dan iOS untuk mengajukan keluhan. Langsung saja simak cara lengkapnya di bawah ini!

Cara Mengajukan Refund di Tokopedia

Berikut di bawah ini cara mengajukan refund di Tokopedia, antara lain sebagai berikut.

1. Cara Mengajukan Refund Bila Barang Belum Sampai

Jika pesanan Anda belum diterima sesuai perkiraan waktu yang diberikan oleh kurir terkait, Anda dapat mengajukan permintaan refund berdasarkan status resi pengiriman.

Jika pesanan Anda tidak sampai dalam 5 hari, Anda dapat mengirimkan permintaan pengembalian dana. Berikut cara untuk melakukannya:

Melalui Browser Desktop

1). Klik simbol “Pemberitahuan” dan pilih “Status Pesanan”.

2). Klik Keluhan

3). Setelah itu klik “Postage Constraints” dan “Product Constraints”.

4). Klik Not yet pada bagian Status pilih pertanyaan dan tulis rincian pertanyaan tersebut pada kolom yang tersedia.

5). Masukkan “opsi solusi”, “Saya ingin mengembalikan uang saya.”

6). Masukkan jumlah refund yang diminta, jumlah nominal tidak melebihi jumlah transaksi.

7). Klik Buat Keluhan, sebuah jendela akan muncul, lalu klik Ya.

8). Jika seller setuju dengan solusi yang Anda ajukan, pengaduan dianggap selesai dan dana akan otomatis ditransfer ke saldo Tokopedia.

9). Jika penjual tidak setuju dengan solusi yang Anda usulkan, tim Tokopedia akan membantu Anda dengan memberikan solusi terbaik di antara kedua pihak.

Melalui Browser Seluler

1). Klik simbol menu (baris ketiga)

2). Klik “Beli” (simbol keranjang belanja), lalu pilih “Status Pesanan”. Lanjutkan dengan klik “Keluhan”.

3). Pilih item dan masalah yang ingin Anda keluhkan.

4). Akan ada formulir pengaduan yang perlu diisi. Isi detail masalah saat ini dan alasan keluhan Anda di formulir dan Anda juga dapat mengetahui jumlah item yang akan dikeluhkan.

5). Selanjutnya, klik “Simpan”. Jika ada lebih dari satu item yang akan dikeluhkan, Anda dapat mengklik “Simpan” dan pilih “Item lainnya”, lalu isi kembali formulir keluhan.

6). Pilih solusi “Saya ingin meminta uang saya”.

7). Masukkan jumlah pengembalian dana yang Anda inginkan.

8). Selanjutnya, klik Ajukan keluhan. Jika Anda memiliki lebih dari satu item untuk dikeluhkan, Anda dapat memilih item lain dan mengisi formulir keluhan lagi.

9). Jika seller menyetujui solusi yang Anda ajukan, pengaduan dianggap selesai dan dana akan otomatis ditransfer ke saldo Tokopedia.

10). Jika penjual tidak setuju dengan solusi yang Anda usulkan, maka tim Tokopedia yang relevan akan membantu dengan memberikan solusi terbaik di antara kedua belah pihak.

Melalui Aplikasi Android

1). Klik simbol menu (baris ketiga)

2). Klik “Beli”, lalu pilih “Status Pesanan” dan klik “Keluhan”.

3). Pilih item dan masalah yang ingin Anda keluhkan.

4). Akan ada formulir pengaduan yang perlu diisi. Isi detail masalah saat ini dan alasan keluhan Anda di formulir. Anda juga dapat mengetahui jumlah item yang akan dikeluhkan.

5). Selanjutnya, klik “Simpan”. Jika Anda memiliki lebih dari satu item untuk dikeluhkan, Anda dapat mengklik “Simpan” dan memilih “Item lainnya”, lalu mengisi formulir keluhan lagi.

6). Pilih solusi “Saya ingin meminta uang saya”.

7). Masukkan jumlah pengembalian dana yang Anda inginkan.

8). Selanjutnya, klik Ajukan keluhan. Jika Anda memiliki lebih dari satu item untuk dikeluhkan, Anda dapat memilih item lain dan mengisi formulir keluhan lagi.

9). Jika seller setuju dengan solusi yang Anda ajukan, pengaduan dianggap selesai dan dana akan otomatis ditransfer ke saldo Tokopedia.

10). Jika penjual tidak setuju dengan solusi yang Anda usulkan, maka tim Tokopedia yang relevan akan membantu dengan memberikan solusi terbaik di antara kedua belah pihak.

Melalui Aplikasi iOS

1). Klik simbol notifikasi dan pilih status pesanan.

2). Pilih item dan masalah yang ingin Anda keluhkan.

3). Akan ada formulir pengaduan yang perlu diisi. Isi rincian masalah saat ini dan alasan pengaduan di formulir, Anda juga dapat mengetahui jumlah item yang akan dikeluhkan.

4). Selanjutnya, klik “Simpan”. Jika Anda memiliki lebih dari satu item untuk dikeluhkan, Anda dapat mengklik “Simpan” dan memilih “Item lainnya”. Lanjutkan dengan mengisi formulir keluhan lagi.

5). Pilih solusi “Saya ingin meminta uang saya”.

6). Masukkan jumlah pengembalian dana yang Anda inginkan.

7). Selanjutnya, klik Ajukan keluhan. Jika Anda memiliki lebih dari satu item untuk dikeluhkan, Anda dapat memilih item lain dan mengisi formulir keluhan lagi.

8). Jika penjual setuju dengan solusi yang Anda ajukan, keluhan akan dianggap selesai dan dana akan otomatis ditransfer ke saldo Tokopedia.

9). Jika penjual tidak setuju dengan solusi yang Anda usulkan, maka tim Tokopedia yang relevan akan membantu dengan memberikan solusi terbaik di antara kedua belah pihak.

2. Cara Mengajukan Refund Setelah Barang Sampai

Jika produk sudah sampai tetapi tidak sesuai, rusak atau ada masalah dengan ongkos kirim dan harga produk, Anda bisa meminta refund dari penjual dengan panduan sebagai berikut:

Melalui Browser Desktop

1). Klik “Notifikasi” (simbol lonceng) di halaman utama Tokopedia, lalu klik “Status Pesanan”.

2). Klik untuk menahan keluhan atas pesanan.

3). Jendela pop-up akan muncul, pilih kedatangan.

4). Silakan pilih masalah yang Anda hadapi yaitu masalah kargo. Dimana jika produk yang diterima rusak, tidak sesuai atau tidak memadai, Anda dapat memilih opsi ini:

  • Pilih batasan produk. Klik pada bagian “Status Telah Tiba”, pilih pertanyaan, dan tulis rincian pertanyaan pada kolom yang tersedia.
  • Klik Lanjutkan untuk memilih solusi, dimana Anda dapat memilih solusi yang Anda inginkan.
  • Klik Lanjutkan untuk mengupload sertifikat dan melampirkan foto produk yang dimaksud. Anda dapat melampirkan hingga 5 foto sekaligus.
  • Klik Buat Keluhan, sebuah jendela akan muncul, lalu klik Ya.
  • Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu balasan penjual di halaman “Solution Center”.
  • Jika seller tidak merespon dalam waktu 3 × 24 jam, Anda bisa klik “Seek Help” untuk mencari customer service Tokopedia.

Demikian artikel kami mengenai mengenai refund di tokopedia yang mengulas cara mengajukan refund di Tokopedia bila barang belum dan sudah sampai melalui beberapa media.

Semoga ulasan kami membantu Anda, khususnya dalam mengajukan refund di Tokopedia! Terimakasih sudah singgah.

Link download terkait