Apa Itu VIVO? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Jika mendengar merek Vivo, biasanya pikiran kita tertuju pada hp cantik dengan ragam varian warna menggoda. Nah, buat Anda yang tertarik tertarik mengenal lebih jauh mengenai Vivo, selamat! Anda datang ke artikel yang tepat!

Kali ini Appnesia akan mengulas mengai Vivo. Mulai dari sejarah dan perkembangan, kelebihan hingga fakta uniknya. Jadi langsung aja, ambil aktu membaca Anda!

Sejarah dan Perkembangan VIVO

Vivo merupakan perusahaan elektronik dari Dongguan, Guangdong, China. Perusahaan ini merupakan anak perusahaan BBK Electronics. Di bawah kepemimpinan Shen Wei, perusahaan memproduksi smartphone, pakaian dan layanan berbasis digital.

BBK juga memiliki Oppo, Realme dan OnePlus. Vivo telah mengembangkan perangkat lunak ponsel yang dirilis melalui vivo App Store, iManager termasuk dalam sistem operasi Funtouch OS berbasis Android miliknya.

Sejak didirikan pada tahun 2009, Vivo telah berkembang ke lebih dari 100 negara di dunia. Perusahaan memulai ekspansi internasional setelah memasuki pasar Thailand pada tahun 2014. Vivo segera menindaklanjuti produk yang diluncurkan di India, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Pada 2017, Vivo memasuki pasar smartphone di Rusia, Sri Lanka, Taiwan, Hong Kong, Brunei, Makau, Kamboja, Laos, Bangladesh dan Nepal. Pada bulan Juni 2017, vivo memasuki pasar ponsel Pakistan, dan merek vivo kini menyebar dengan cepat di negara tersebut. Bulan November ditahun yang sama, Vivo meluncurkan model Y53 dan Y65 untuk memasuki pasar Nepal.

Vivo dan NBA memiliki perjanjian sponsor di China, dan Golden State Warriors Stephen Curry hadir untuk mendukung Vivo di China dan Filipina pada tahun 2018. Perusahaan menandatangani perjanjian kerja sama produk dengan Marvel Pictures dalam “Captain America: Civil War”, di mana Captain America dan Iron Man menggunakan smartphone Vivo.

Masih ditahun 2018, Vivo meluncurkan sejumlah produk inovatif di berbagai bidang. Mulai dari desain layar tanpa pembatas atau pembatas tipis, rasio bodi hingga layarnya dikatakan mencapai 91%. Vivo mengetahui inovasi ini melalui konsep smartphone Apex 2018.

Tak hanya itu, Apex 2018 juga mengusung teknologi half screen display fingerprint atau pemindai sidik jari setengah layar. Teknologi ini memungkinkan area pemindai sidik jari di layar menutupi setengah dari keseluruhan layar. Inovasi ini diharapkan dapat memudahkan pengguna dalam membuka kunci layar.

Kemudian, Vivo mengimplementasikan teknologi pemindai sidik jari pada seri Vivo X20 UD. Kemudian, teknologi tersebut diperkenalkan ke Indonesia melalui rilis Vivo V11 Pro. Di tahun yang sama, Vivo juga meluncurkan asisten virtual berbasis AI, Jovi.

Vivo mengumumkan kemitraan dengan game seluler terkemuka dunia, Tencent Games ‘PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) dan PUBG Corporation untuk bersama-sama mensponsori PUBG MOBILE Club Open 2019, yang merupakan salah satu turnamen game seluler terbesar di dunia.

Vivo meluncurkan Vivo V15 yang disebut-sebut sebagai smartphone pertama dengan kamera pop-up beresolusi 32 megapiksel. Pilih mekanisme pop-up sebagai alternatif penempatan kamera depan untuk memaksimalkan area layar. Vivo juga memperkenalkan kembali Apex 2019 dan memberikan semua terobosan terbaru. Apex 2019 mengedepankan konsep ponsel tanpa tombol atau colokan apapun.

Alhasil, berbagai sensor dibenamkan di bodi utama smartphone. Salah satunya adalah sensor pemindai sidik jari yang dibenamkan di layar. Apex 2019 memiliki teknologi tampilan sidik jari yang lengkap atau dikenal juga sebagai pemindai sidik jari di seluruh permukaan layar.

Kelebihan VIVO

Tentu setelah melewati sejarah panjang, Vivo menjadi merek yang memiliki ragam keunggulan. Tapi, tetap saja setiap produk hasil manusia memiliki kekurangan. Kelebihan dan kekuranagn dari produk Vivo berjalan seiringan. Dan kabar baiknya, Vivo amat peka dengan kekurangannya dengan selalu menghadirkan perbaikan. Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan Vivo? Yuk, simak!

1). Harga yang Kompetitif

Keunggulan pertama dan terpenting yang tidak bisa diabaikan adalah harga. Bukan rahasia lagi bahwa harga menjadi faktor terpenting bagi merek untuk menempati pasar teratas di Indonesia. Pada awal perilisannya, Vivo masih menjadi produk yang belum tersentuh karena mahalnya harga produk tersebut.

Namun, dengan masuknya pasar Indonesia selama beberapa tahun, Vivo mulai mengubah strategi memproduksi produk dengan harga terendah. Padahal, dibandingkan dengan harga produk sejenis, biasanya kemampuan teknis produk sejenis justru tergolong produk sejenis.

2). Terus Merilis Teknologi Baru

Di era yang kompleks ini, inovasi sangat penting dilekatkan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang IT. Perusahaan yang tidak merilis teknologi baru kemungkinan besar akan diambil alih oleh merek lain.

Nah, Vivo merupakan produk yang dirugikan karena berbagai teknologi barunya. Misalnya, ada teknologi kamera tersembunyi yang disebut kamera elevasi atau kamera pop-up. Sebelumnya belum ada produk yang memiliki kamera pop-up inovatif, sehingga untuk pertama kalinya Vivo memperkenalkannya pada produk Vivo V15.

Hal ini membuat banyak orang mulai melirik dan mencermati setiap produk baru Vivo. Ternyata Vivo menjadi perusahaan pertama yang memperkenalkan teknologi ini melalui produk Vivo V11 Pro miliknya.

3). Perhatikan Kualitas Kamera Depan dan Belakang

Kamera adalah fungsi utama yang selalu dimiliki Vivo. Tak heran jika Vivo sangat populer di kalangan anak muda yang sangat menyukai fitur kamera. Sebab dari awal muncul, Vivo memiliki slogan “Selfie Sempurna”. Dari slogan tersebut, sebenarnya terlihat bahwa Vivo memang menaikkan kualitas kameranya.

4). Desain Kemasan yang Cermat

Vivo sedari awal sudah memposisikan produknya untuk anak muda. Kaum muda adalah salah satu pasar terbaik untuk smartphone karena pasarnya terlalu banyak. Namun, tak mudah memenuhi aspirasi anak muda, karena tren mereka yang berubah dengan cepat. Tpi, Vivo berhasi mengisi kebutuhan ini!

5). Teknologi Pengisian Cepat Mesin Ganda

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Vivo merupakan ponsel pintar yang tidak bosan dengan inovasi. Salah satu inovasinya adalah baterai. Baterai merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pengguna ponsel pintar, karena jika tidak ada baterai yang besar maka ponsel pintar akan mudah habis dan perlu diisi ulang. Saat mengisi ulang, umumnya disarankan agar Anda tidak mengoperasikannya.

6). Strategi Merek adalah Keunggulan HP Vivo

Pasar smartphone di Indonesia seperti hutan belantara. Untuk mendapatkan pengakuan dan dukungan publik, dibutuhkan lebih banyak upaya. Setiap merek memiliki strategi yang berbeda.

Namun kelebihan dari HP Vivo adalah merupakan merek yang bisa berkinerja baik. Meskipun Vivo juga banyak mengiklankan produknya, artis-artis besar yang diminati memiliki dampak yang lebih besar pada mereknya.

Fakta Unik VIVO

Seperti yang telah disebutkan dalam kelebihan, Vivo merupakan merek smartphone yang terbilang baru di Indonesia. Padahal, dalam beberapa tahun pertama penjualannya, penjualan Vivo bisa dikatakan sangat lambat. Sebelum meraih kesuksesan baru-baru ini, Anda perlu mengetahui beberapa fakta unik seputar produk Vivo di Indonesia.

1). Penjualan Awal Mengancam Bantalan Gulungan

Pasar smartphone di Indonesia bisa dikatakan sangat sengit, terutama untuk merek-merek baru. Nah, Vivo awalnya bahkan dikira sebagai produk power bank. Sebagai produk yang relatif baru, strategi Vivo saat itu kurang tepat. Vivo termasuk menjual produknya dengan harga yang cukup tinggi membuat masyarakat Indonesia.

Padahal, masyarakat kelas bawah dan menengah merupakan pasar terbesar dari setiap produk yang disediakan Indonesia. Hingga saat itu, Vivo belum mengalami pertumbuhan penjualan sebelum gulung tikar. Untungnya, setelah itu, mereka mengubah strategi hingga menjadi salah satu perusahaan papan atas saat ini.

2). Masukkan Lima Pemasok Internasional Teratas

Adaptasi Vivo tidak hanya membawa hasil yang baik ke pasar Indonesia. Bahkan, pasar dunia pun mengakui kualitasnya. Meskipun Vivo didirikan pada tahun 2009, kemampuan adaptasinya telah menjadikan Vivo salah satu dari lima merek teratas di dunia. Tidak mudah untuk memasuki pasar dunia.

Kiprah Vivo untuk beradaptasi dan menghadirkan inovasi baru mulai melecehkan pemasok kelas dunia pada 2015. Pada tahun itu, Vivo menempati peringkat sepuluh besar merek di dunia! Strategi Vivo untuk anak muda sepertinya sudah berhasil mencapai semua tujuannya.

Demikian ulasan kami mengenai Vivo yang mengulik mulai dari sejarah dan perkembangan, kelebihan hingga fakta uniknya. Semoga ulasan kami memberikan informasi baru seputar Vivo untuk Anda! Terimakasih sudah singgah.